Blog Single

01 Aug

Apel Tahunan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy Pondok Pesantren Al-Ihya 2021: Menanamkan Nilai Pesantren Sebagai Pondasi Awal Peradaban

Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy Pondok Pesantren Al-Ihya berlangsung dengan khidmat dan lancar. Seluruh guru dan santri berperan penting dalam kesesuksesan acara tersebut. Hal ini sangat jelas terlihat dari kesiapan sarana  penunjang berlangsungnya acara, khidmatnya upacara dan pertunjukan seni para santri dan guru yang menarik dan menghibur.

Dalam acara ini, pondok berusaha memperkenalkan segala sesuatu tentang kepondokpesantrenan kepada seluruh santri, juga pemantapan pemahaman untuk seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Al-Ihya tentang nilai-nilai pondok. Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ihya K.H. Asep Sulaeman Sabanda selaku inspektur upacara mengatakan “Kalian masuk ke Pondok Pesantren Al-Ihya untuk jadi hafidz dan hafidzoh itu benar, tapi hanya menjadi hafidz dan hafidzoh itu salah, karena di pondok ini tidak hanya mengajarkan tahfidz”.

Acara ini dimulai dengan upacara resmi tahunan seluruh santri dan guru, kemudian dilanjutkan dengan penampilan berbagai macam kesenian dari berbagai daerah di Indonesia seperti tari zapin, campur sari, singa deprok, gemu famire dan lain sebagainya. Kemudian ada juga penampilan choir, nasyid, puisi, tari Bahasa isyarat dan seni beladiri. Semuanya itu dilakoni oleh santri dan guru Pondok Pesantren Al-Ihya. Selanjutnya santri membentuk barisan LKBB perkonsulat. Hal ini bertujuan untuk melatih dan mengasah bakat-bakat santri serta memupuk kebersamaan diantara mereka agar kelak mereka siap untuk mengabdi kepada agama dan negara. Memasuki angkatan ke-4, Saat ini santri Pondok Pesantren Al-Ihya berjumlah 115 santri/santriwati, jumlah ini mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Apel Tahunan ini berlangsung secara tertutup sesuai instruksi dan pesan dari Bapak Pimpinan Pondok, mengingat wabah virus covid 19 belum membaik dan masa PPKM diperpanjang. Sehingga, acara ini hanya dihadiri oleh keluarga besar Pondok Pesantren Al-Ihya dari guru dan santri, tanpa mengundang tamu dari luar Pondok. Acara ini berlangsung pada hari Ahad, 1 Agustus 2021 di lapangan Pondok Pesantren Al-Ihya.

Tema Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy tahun ini adalah “menanamkan nilai pesantren sebagai pondasi awal peradaban”. Dengan harapan nilai-nilai Pondok Pesantren Al-Ihya selalu kokoh dan menjadikan santri-santrinya Pemimpin yang shalih, hafidz, alim dan mahir.

   

   

 

Leave a Reply