Blog Single

08 Nov

Bak Maraton, Santri Al-Ihya Lanjut Hadapi Ujian Tulis

Khusyuknya santri menjawab ujian

Subang – Tidak berhenti pada Parade Tasmi’, Santri PP Al-Ihya langsung melanjutkan rentetan ujian berikutnya: ujian tulis dan ujian pidato. Karena selain tahfidz, santri al-Ihya juga dibekali dengan kemampuan bahasa Arab dan Public Speaking. Hari ini, Jum’at (8/11) seluruh santri menghadapi ujian tulis lalu besok Sabtu (9/11) ujian pidato. Materi yang diujikan adalah Durusul Lughah, al-Muthola’ah, dan Imla’. Sebelum dimulai, diadakan upacara pembukaan di depan gedung Abu Bakar yang dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ihya, Al-Ustadz H. Yayan Suryana, S.Ag.

            Dalam sambutannya, Ust Yayan, sapaan akrab beliau, menegaskan pentingnya ujian. Ujian bukan hanya sekedar menguji kekuatan akal tapi juga menguji kekuatan hati, bagaimana cara bersabar, bagaimana mengatur waktu, menahan diri agar tetap jujur, tidak mencontek. Setiap santri wajib memperhatikan peraturan-peraturan teknis dalam ujian sesuai arahan prosedur yang telah disampaikan agar tidak terjadi kesalahan.

            “Ingatlah semua nasehat, arahan, masukan para gurumu yang berkaitan dengan ujian!” nasehat Ustadz Yayan. “cermati semua soal satu persatu, jangan sampai salah dalam membaca dan memahami!” tambah beliau.

             Selepas ujian tulis, tepatnya setelah shalat Jum’at seluruh santri akan mengikuti yudisium tahfidz Qur’an di Aula Gedung Khadijah, akan diumumkan nilai pencapaian program tahfidz selama setengah tahun ini. Sedangkan hasil ujian lainnya akan dimasukkan dalam rapor semester. AaRum.

Leave a Reply