Blog Single

13 Jul

Pembukaan Tahun Ajaran Baru 1440-1441 H

Sabtu (29/6/2019), dilaksanakan upacara pembukaan tahun ajaran baru (1440-1441 H) di halaman Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al-Ihya Subang. Upacara yang diikuti oleh seluruh santri, Asatidz, ustadzat, dan para musrif musyrifah berjalan dengan khidmat.

Dalam kesempatan ini, K.H. Asep Sulaiman Sabanda berpesan kepada seluruh santri agar meluruskan niat nyantri dan mondok di Pondok Pesantren Al-Ihya. Beliau mengatakan: ”Mondok berarti harus secara kaffah berada di kampus dan tidak sering dikunjungi oleh orang tuanya, karena hal inilah yang melatih kemandirian dan membentuk karakter santri”. Beliau juga menjelaskan bahwa Al-Ihya juga melaksanakan proses pendidikan dengan penuh kedisiplinan. Karena kedisiplinan itu merupakan kunci dari kemajuan. “Tidak ada kemajuan tanpa kedisiplinan, tidak ada kedisiplinan tanpa keteladanan. Sayangnya, keteladanan saat ini sulit ditemukan di tengah-tengah umat kita”, beliau menambahkan. Maka dari itulah, Gontor menjadikan keteladanan sebagai salah satu pilar proses pendidikannya.

K.H Asep Sulaiman juga mewanti-wanti kepada seluruh santri untuk selalu fokus pada tujuan utama para santri yaitu Hifdzul Qur’an. “fokuslah pada tujuan utama kalian dan harapan semua orang tua kalian, jadilah hafidz hafidzah dan alim alimah”. Beliau juga mengingatkan para santri untuk selalu istiqomah dan bermujahadah dengan baik selama menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ihya. Karena mujahadahlah yang menentukan itqan santri dalam menghafalkan al-Qur’an.

Seusai upacara dilanjutkan dengan perfotoan santri, santriwati, serta dewan guru Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an al-Ihya.

Leave a Reply