Blog Single

22 Jun

Penyambutan Santri/wati Baru dan Pembukaan Tahun Ajaran PP Al-Ihya Berjalan Lancar

Check Point Kedatangan Santri Baru

Subang- Ahad (21/6/2020) walaupun masih dalam masa pandemi, alhamdulillah Pondok Al-Ihya Subang dapat menyambut seluruh santri/wati baru dengan lancar dan aman. Pondok menerapkan persyaratan ketat untuk penyambutan ini. Setidaknya ada 5 peraturan yang wajib dilakukan ketika datang ke Pondok: 1. Membawa surat keterangan sehat dari rumah sakit, 2. Pengecekan suhu tubuh, 3. Penyemprotan disifektan, 4. Mandi sebelum masuk asrama, 5. Tidak ditemani Wali di lingkungan pondok.

Senin (22/6/2020), tahun ajaran baru Pondok Pesantren Al-Ihya Subang resmi dibuka. Pembukaan tahun ajaran 2020-2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana hanya dihadiri oleh penghuni pondok tanpa melibatkan wali-wali santri. Upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan depan aula pertemuan, dihadiri oleh seluruh pimpinan pondok, guru, mahasantri, musyrif/ah, santri dan santriwati. Secara keseluruhan total yang hadir pada upacara ini 104 orang dengan rincian: Guru berjumah 6 orang, musyrif/ah berjumlah 10 orang, mahasantri berjumlah 8 orang, santri berjumlah 30 orang, dan santriwati berjumlah 50 orang.

Alhamdulillah dari total keseluruhan santri/wati yang ada hanya 3 orang yang telat. Sisanya datang berdisiplin tepat waktu. Pimpinan pondok memberikan apresiasi kepada seluruh santri yang tetap berdisiplin walaupun pasti banyak halang rintangan di rumah.

K.H. Asep Sulaeman Sabanda, Pimpinan PP Al-Ihya, mengingatkan kembali tujuan santri/wati mondok di Al-Ihya. “Luruskan niat, tuliskan apa niat dan tujuan kalian masuk pondok”, arahan beliau. Selanjutnya, beliau menasehati agar santri harus masuk ke pondok sepenuh hati, dengan sempurna badan dan ruhnya di pondok, jangan lagi kepikiran kegiatan di rumah. Bagi anak-anak baru harus cepat beradaptasi karena besok semua program pembelajaran di pondok sudah aktif kembali. Upacara ditutup dengan pembacaaan ikrar santri agar santri/wati mengingat kembali status dan komitmennya dalam ibadah thalabul ilmi di sini. AaRum.

Leave a Reply