Blog Single

28 Oct

Ponpes Al-Ihya Adakan Rihlah Tarbawiyyah Syahriyah ke Kampung Ciloji dan Curug Cijalu

Subang-setelah mengadakan Parade Tasmi’ selama sebulan penuh, Ponpes Al-Ihya Subang mengadakan rihlah tarbawiyah ke kampung Ciloji dan Curug Cijalu. Kampung Ciloji adalah daerah RA Al-Ihya yang sudah berdiri 15 tahun lamanya yang juga terdapat rumah Kiai Yayan, Pimpinan Ponpes Al-Ihya dan kampung halaman Istri dari Kiai Asep.  Acara dimulai dengan pemberangkatan pukul 06.00 WIB. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih satu setengah jam, sesampainya di Ciloji seluruh santi dan santriwati berkumpul untuk mendengarkan  sambutan dari Kiai Yayan dan taushiyah dari Kiai Asep sambil menunggu sarapan.

“Jangan salah niat!” nasehat kiai Asep. “Niat menghafal Al-Qur’an adalah lillah untuk menjaga kalam Allah,” lanjut beliau. Hidup seorang muslim menakjubkan, semua pekerjaan muslim: tidur, makan, minum, dll bisa bernilai ibadah dengan niat yang benar dan menggunakan sunnah Rasul saw. maka jangan sampai niatnya untuk dunia dan hanya melakukan rutinitas saja.

Haji Asep, sapaan akrab beliau, juga menjelaskan tentang makna ‘meninggalkan dunia’. “Jangan salah memaknai meninggalkan dunia dengan tidak berikhtiar untuk dunia! Meninggalkan dunia bermakna menganggap dunia rendah di hadapan kalian, bukan berarti meniggalkan dunia sampai meninggalkan keluarga tanpa nafkah.” Dunia diibaratkan sebagai bayangan, saat kita mengejarnya dia akan selalau menghindar tapi saat kita mengejar akhirat dan menganggap dunia rendah dunia akan berbalik mengejar kita.

Setelah taushiyah, seluruh santri dan santriwati menyantap sarapan yang disediakan lalu bersiap-siap menuju Curug Cijalu. Rombongan sampai ke lokasi Curug pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan shalat berjama’ah lalu mandi dan berfoto bersama. Alhamdulillah seluruh santri dan santriwati senang dan menikmati perjalanan rihlah tarbawiyah ini. Diharapkan setelah rihlah ini, hilang semua kejenuhan saat menghafal Al-Qur’an dan bisa kembali fresh menimba ilmu di Ponpes Al-Ihya Subang. AaRum.

Leave a Reply