Blog Single

14 Jun

Sertifikasi Guru Al-Quran Metode Ummi di Pondok Pesantren Al-Ihya Subang

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ (رواه بخاري)

Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar al Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

Pondok Pesantren Al-Ihya terus berusaha meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran yang telah dan akan berlangsung di Pondok Pesantren Al-Ihya, hal ini bertujuan agar dapat mencetak kader pemimpin umat yang shalih, hafidz, alim dan mahir (terampil) berjiwa pesantren dan menjadi sumber ilmu dan akhlak. Oleh karena itu, al-Qur’an menjadi indikator penting dalam merealisasikan visi Pondok Pesantren Al-Ihya tersebut, berdasarkan hal ini, Pondok Pesantren Al-Ihya bekerjasama dengan pengurus Ummi Bandung, Ustadz M. Ismail Noor, S.Pd.I. guna mengadakan Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi di Pondok Pesantren Al-Ihya. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan mutu guru Pondok Pesantren Al-Ihya, yang akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu santri, seserta menjadikan pembelajaran Ummi sebagai metode yang digunakan untuk mengajar santri yang masih kurang dalam hal membaca Al-Qur’an.

   

Peserta sertifikasi ini terdiri dari guru dan calon guru Pondok Pesantren Al-Ihya yang berjumlah 46 orang. Mereka dibekali dengan metodologi dan tahapan pembelajaran Ummi serta model-model pembelajaran Al-Qur’an yang direkomendasikan lembaga Ummi. Acara ini berlangsung dengan baik dan lancar serta diisi oleh para trainer dari pengurus Ummi Bandung yang memberikan arahan dan penyampaian yang jelas, mudah dipahami dan menyenangkan. Tim Ummi yang menjadi pembicara dalam pelatihan kali ini adalah, Ustadz Ami Barni Sukmahasa, S.Pd.I., Ustadz M. Ismail Noor, S.Pd.I., Ustadz Ujang Nursyamsi, S.Th.I.

Sebelum pembukaan dan dimulainya pembelajaran metodologi pengajaran Ummi, diadakan tashih membaca Al-Qur’an terlebih dahulu bagi para peserta calon pengajar Ummi, hal ini untuk mengukur kelayakan dan kemampuan membaca Al-Qur’an calon pengajar Ummi yang akan disertifikasi, selain itu, para peserta diberi soal pre test, yang terdiri dari beberapa pertanyaan tentang metode Ummi. Diakhir sesi, peserta mengisi soal post test, untuk menilai dan mengevaluasi pengetahuan peserta tentang metode Ummi, kemudian pengisian biodata serta pesan dan kesan selama acara ini berlangsung. Acara ini diselenggarakan selama 4 hari, mulai dari Kamis, 10 Juni 2021 sampai Ahad, 13 Juni 2021 di Pondok Pesantren Al-Ihya Subang.

Leave a Reply