Kaderisasi

KADER

Kader adalah orang atau kumpulan orang yang dibina oleh suatu lembaga kepengurusan dalam sebuah organisasi, baik sipil maupun militer, yang berfungsi sebagai ‘pemihak’ dan atau membantu tugas dan fungsi pokok organisasi tersebut atau pun makna lain yaitu orang yang diharapkan akan memegang peran penting dalam sebuah organisasi. Kaderisasi adalah sebuah proses yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi dalam melanjutkan estafet perjuangan organisasi tersebut. Pondok Pesantren Al-Ihya sebuah lembaga keagamaan visioner yang menjadikan kaderisasi sebagai salah satu program utama pondok. Sebagai lembaga keagamaan visioner maka Pondok Pesantren Al-Ihya menfokuskan beberapa hal yang tercantum dalam jangka pendek dan program jangka panjang Pondok Pesantren Al-Ihya.

Atas dasar di atas, maka Pondok Pesantren  Al-Ihya mencanangkan program besarnya dengan melakukan kaderisasi sedini mungkin agar para mujahid-mujahid sebagai kader dapat segera bersinergi dengan pengabdi yang sudah berjuang bahkan dapat melakukan improvisasi sebagaimana motto pondok “almuhaafadzotu ‘ala alqodiimis shoolihi wal akhdzu bil jadiidil ashlah” (menjaga tradisi yang pantas dan mengambil hal baru yang lebih pantas). Sumber daya manusia yang bergelar hafidz dan berlabelkan ‘alim baik dalam ilmu bidang agama maupun umum akan menjadi pondasi besar dalam menggerakkan keumatan menuju peradaban baru. Tanpa melakukan revolusi pada sumber daya manusia, maka kontinyuitas perjuangan yang sedang dilakukan menjadi tidak efektif. Sumber daya manusia yang akan disiapkan adalah sumber daya manusia yang harus mempunyai hafalan al-Quran dengan baik sehingga secara mental dan psikologis sudah mampu mengembangkan potensi besar lainnya. Cita-cita kami adalah melahirkan para penghafal al-Qur’an yang mampu berkiprah di berbagai bidang, baik dalam bidang keagamaan, pendidikan, kedokteran, professional, wirausaha, tehnokrat, birokrat dan politisi.

POLA KADERISASI DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA

Dalam menjalankan program kaderisasi, ditetapkanlah kategori dan kriteria sebagai berikut:

  1. Kategori kader
    Kader per kategori akan disesuaikan dengan kemampuan dan bakat serta memenuhi persyaratan awal yaitu sudah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren Al-Ihya serta menghapal 30 juz al-Qur’an dengan penjelasan sebagai berikut:

    1. Kader ‘alim adalah kader yang dipersiapkan menjadi seorang cendekiawan muslim handal yang berkarakter islami dengan pendidikan dan pelatihan-pelatihan pada bidang keislaman sehingga diharapkan menjadi kader cendekiawan muslim yang mampu menjawab tantangan zaman, kader-kader ini akan disekolahkan di negeri-negeri pusat peradaban, kebudayaan dan keilmuan Islam.
    2. Kader faqih adalah kader yang dipersiapkan menjadi ahli hukum agama Islam yang menguasai bidang hukum-hukum agama Islam dan ilmu-ilmu cabangnya secara baik sehingga diharapkan kelak menjadi seorang mufti, kader-kader ini akan disekolahkan di negeri-negeri pusat peradaban, kebudayaan dan keilmuan Islam.
    3. Kader pengusaha adalah kader dipersiapkan menjadi pengusaha muslim yang handal dan menjalankan syariat islam dalam prilaku bisnis sehingga kelak diharapkan banyak penguasaha muslim yang muncul, kader-kader ini akan dididik langsung oleh para pelaku bisnis muslim dan akan disekolahkan di negara-negara yang sudah banyak melahirkan pengusaha hebat. Untuk kader pengusaha akan dibimbing langsung oleh para pimpinan Pondok Pesantren Al-Ihya yang juga merupakan para pengusaha.
    4. Kader professional adalah kader professional yang akan mengelola dan mengembangkan semua asset dan unit-unit bisnis milik Yayasan Al-Ihya Indonesia sehingga akan memperkuat kemandirian pondok dan dapat mengelola asset dan unit-unit bisnis milik Yayasan Al-Ihya Indonesia lebih baik, kader-kader ini akan dididik langsung oleh para pelaku bisnis muslim dan akan disekolahkan di negara-negara yang sudah banyak melahirkan pengusaha hebat.
    5. Kader pekerja adalah kader yang dipersiapkan untuk memelihara aset-aset milik Yayasan Al-Ihya Indonesia dan wakaf Pondok Pesantren Al-Ihya sehingga semua asset dapat dijaga dan dikembangkan lebih baik dan produktif.
    6. Kader lepas adalah kader yang berjuang di luar Pondok Pesantren Al-Ihya atau Yayasan Al-Ihya Indonesia tetapi diharuskan berafiliasi dengan Pondok Pesantren Al-Ihya dalam rangka penyebaran misi dan visi da’wah Pondok Pesantren Al-Ihya di seluruh penjuru Indonesia.
  2. Kriteria
    1. Bagi lulusan sekolah dasar (minimal usia 12 tahun) setelah menamatkan hafalan al-Qur’an 30 juz di Pondok Pesantren Al-Ihya dan bersedia untuk disekolahkan ke Pondok Modern Gontor atau Pondok Pesantren Madinatul Mushthofa, Batukapur, Subang lalu dilanjutkan ke jenjang strata satu (S1) di Universitas Darussalam Gontor sesuai bidang bakat atau universitas lainnya. Sedangkan kader untuk kriteria ‘alim dan faqiih akan disekolahkan ke universitas-universitas Islam ternama di dunia seperti ke Universitas Al-Azhar, Mesir, Dar Ibn Abbas, Turki, Darul Musthofa, Yaman, Universitas Ummul Quro, Mekah, Saudi Arabia, Universitas Madinah, Madinah, Saudi Arabia, dan universitas di Timur Tengah lainnya. Bagi kader professional dan pengusaha akan disekolahkan ke universitas-universitas di benua Asia, Eropa, Australia ataupun Amerika Serikat.
    2. Bagi lulusan sekolah menengah pertama atau sekolah menengah umum setelah menamatkan hafalan al-Qur’an 30 juz di Pondok Pesantren Al-Ihya bersedia disekolahkan ke Pondok Modern Gontor atau langsung melanjutkan ke jenjang strata satu (S1) di Universitas Darussalam Gontor sesuai bidang bakat atau universitas di Turki yang bekerjasama dengan pihak Pondok Pesantren Al-Ihya atau juga universitas lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri. Sedangkan kader untuk kriteria ‘alim dan faqiih akan disekolahkan ke universitas-universitas Islam ternama di dunia seperti Universitas Al-Azhar, Mesir, Universitas Ummul Quro, Mekah, Saudi Arabia, Universitas Madinah, Madinah, Saudi Arabia, dan universitas lainnya di Timur Tengah. Bagi kader professional dan pengusaha akan disekolahkan ke universitas-universitas di benua Asia, Eropa, Australia ataupun Amerika Serikat.