Blog Single

14 Mar

Ust. Thry: Tidak Hanya Sehat, Bekam Juga Berpahala

Praktek Bekam di kediaman Kiai Asep

Subang- Sabtu (7/03/2020) Pondok Pesantren Al-Ihya mengadakan pelatihan bekam sunnah, mengundang langsung pakar bekam dari PBI (Perkumpulan Bekam Indonesia) yaitu Al-Ustadz Thry Harry Fajariadi, Korbid Diklat dan Litbang PBI, beliau ditemani oleh Ema Martayustika, Amd.Kep, S.tr.Ftr. yang juga ahli di bidang bekam.  Bertempat di Aula Pondok Pesantren Al-Ihya dihadiri oleh lebih dari 50 peserta. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi materi dari 09.00 – 12.00 WIB, kemudian break sholat dan makan siang lalu dilanjutkan sesi 2, Sesi Praktek sampai sore.

Ustadz Thry menyampaikan banyak sekali orang sekarang terlalu fokus pada penyembuhan tapi melupakan langkah-langkah preventif seperti olahraga, minum air putih yang cukup, peningkatan imunitas tubuh dsb. Termasuk bekam, jika bekam dirutinkan pada waktu-waktu yang ditentukan maka tubuh akan kuat dari penyakit. “Tidak hanya sehat, tapi juga berpahala,” jelas beliau.

Ustadz Thry menjelaskan larangan-larangan saat berbekam, selain dari itu ada 2 syarat wajib yang harus terpenuhi oleh pasein bekam yaitu cukup daya dan cukup darah. Walau banyak istilah-istilah medis yang beliau sebut dalam penjelasan tersebut namun beliau sederhanakan lagi sampai para peserta mampu memahaminya dengan mudah. Beliau juga menyampaikan standar kesehatan pembekam yang mulai banyak diabaikan yaitu penggunaan masker, handscoon (sarung tangan), penutup kepala, kaca mata, juga cara menetralkan alat yang terkena darah dll.

Para peserta yang terdiri dari santri, santriwati, guru, dan pimpinan pondok sangat antusias mengikuti acara ini, terlebih saat sesi praktek. Terlihat dari santri putra terdapat 6 orang yang minta dibekam di kepala atau lebih tepatnya di titik Ummu Mughits. Ini jumlah yang banyak di antara tempat-tempat yang Ustdz Thry latih. Semoga dengan adanya acara ini membawa keberkahan bagi pondok dan juga pemateri, dan semoga Allah jaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita semua. Aamiin. AaRum

Leave a Reply